Frequently Ask Question

Berdasarkan Informasi dari TMC telah ditemukan adanya ketidaksesuaian pada AirBAg Inflator bagian penumpang depan kiri dan sisi pengemudi (Khusus Rav4) yang mengakibatkan komponen airbag tidak bekerja dengan sempurna seperti yang diharapkan sehingga beresiko menyebabkan cidera.

Sebagai bentuk komitmen Toyota dalam mengutamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara,Toyota mengadakan program Safety campaign 3P dan mengundang pelanggan yang memiliki unit yang terlibat untuk melakukan pemeriksaan/penggantian komponen airbag inflator yang terdapat di bagian penumpang depan kiri Toyota Alphard/Nav1/Camry/Corolla/Yaris/Vios dan sisi pengemudi Toyota Rav4 Bapak/Ibu.

Tidak semua kendaraan TOYOTA Alphard/Nav1/Corolla/Yaris/Vios ikut terlibat dalam Campaign ini. Malafungsi Inflator pada AirBag penumpang depan kiri hanya terjadi pada unit produksi 2001 s/d 2014.

Kendaraan yang terlibat sebanyak 117.117 unit di Indonesia. dan hanya VIN tertentu saja yang terdampak pada campaign ini

Kendaraan TOYOTA yang lain memiliki jenis dan spesifikasi airbag inflator yang berbeda dan dirakit di manufaktur atau pabrik yang berbeda

Bapak / Ibu selanjutnya dapat melakukan booking melaui website Toyota.astra.co.id/ssc dan Bapak / Ibu juga dapat menghubungi Customer care Toyota di Nomer: 1500-315 untuk dibantu melakukan booking service di bengkel resmi Toyota terdekat dekat tempat tinggal Bapak / Ibu atau Bapak/Ibu langusng menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat.

Ya, Bapak/Ibu dapat melakukan pengecekan melalui handphone (Android dan iOs) dengan mengakses website Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc

Kami sarankan Bapak /Ibu dapat melakukan Booking terlebih dahulu melalui Website/ Customer Care Toyota untuk mendapatkan pengaturan jadwal yang lebih sesuai.

Customer Care Toyota beroperasi 24 Jam dan untuk Bengkel buka dari pukul 08.00 s/d 16.00 (Senin-Sabtu)

Tidak di kenakan biaya untuk penggatian AIRBAG INFLATOR ini ?

Pada dasarnya waktu yang dibutuhkan untuk penggantian ini adalah 3,5 jam dan pemilik kendaraan tidak dikenakan biaya apapun untuk proses penggantian tersebut. Kami harap pelanggan dapat datang sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dikarenakan teknisi dan area kerja telah dipersiapkan dalam waktu tersebut.

Berdasarkan informasi dari TMC, terdapat penambahan unit terlibat dari sebelumnya 97.980 unit menjadi 117.117 unit. Sehingga memungkinkan kendaraan Bapak/Ibu terlibat dalam periode tambahan unit terlibat tersebut.

Kami belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut, namun kami akan menginformasikan kepada pelanggan jika kondisi tersebut terjadi.

Memang benar. TMC mengumumkan Program Special Service Campaign (SSC) terkait dengan penggantian sensor Airbag pada beberapa model Toyota tahun produksi May 2015-Jan 2016 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Terjadi potensi malfungsi pada sensor Airbag.

Jika terjadi malfungsi pada sensor Airbag, maka indicator Airbag akan menyala (ON) dan sensor Airbag berpotensi tidak bekerja sebagaimana semestinya.

Berdasarkan data dari TMC tidak semua kendaraan terlibat. Model yang terlibat dalam service Campaign Toyota ini adalah : 1. Alphard/Vellfire 2. Corolla 3. Innova 4. Hilux 5. Fortuner hanya VIN tertentu yang terliba

Berdasarkan informasi yang kami terima dari TMC, spesifikasi dan desain kendaraan yang berbeda untuk setiap negara memerlukan desain sensor airbag dari pabrikan yang berbeda juga. Dan hanya kendaraan-kendaraan tersebut di ataslah yang terlibat.

Sampai saat ini belum ada kejadian yang diakibatkan oleh malfungsi pada sensor Airbag.

Kami akan melakukan pemeriksaan pada Airbag sensor, jika ditemukan malfungsi maka kami akan lakukan penggantian Airbag sensor.

Jika hasil pemeriksaan sensor airbag Bapak/Ibu OK, maka kami bisa pastikan kendaraan Bapak/ibu aman untuk digunakan

Untuk pemeriksaan waktu yang dibutuhkan adalah 0,5 jam. Sedangkan untuk penggantian berkisar 1-7 jam tergantung model kendaraan.

Bapak / Ibu tidak perlu khawatir penggantian komponen dalam kampanye ini tidak dikenakan biaya (gratis).

Jumlah kendaraan yang terlibat di Indonesia sebanyak 24.662 unit.

Bapak/Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kondisi Airbag dapat dideteksi melalui lampu Indikator dengan informasi sebagai berikut : • Jika lampu Indikator Airbag masih dalam kondisi OFF (mati) selama berkendara maka kendaraan Bapak/Ibu dalam kondisi NORMAL. • Jika lampu Indikator Airbag dalam kondisi ON (menyala) selama berkendara, segera melakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel resmi Toyota terdekat. Penjelasan tehnis : Airbag merupakan pengaman tambahan pada kendaraan, kami sangat menyarankan Bapak / Ibu selalu menggunakan pengaman utama yaitu seat belt agar Bapak/Ibu selalu aman dan nyaman dalam berkendara.

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak dan Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer terdekat untuk pengaturan jadwal booking.

Semua dealer resmi kami telah siap dalam melayani pelanggan terutama yang terkait dengan SSC ini.

Memang benar. TMC mengumumkan Program Special Service Campaign (SSC) terkait dengan ECU Parking Brake pada Toyota Alphard tahun produksi Dec 2014-Feb 2018 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Terjadi potensi malfungsi pada ECU Parking Brake.

Jika terjadi malfungsi pada ECU Parking Brake, maka indicator akan menyala (ON) meskipun tombol rem parkir tidak dioperasikan dan rem parkir berpotensi tidak bekerja sebagaimana semestinya

Berdasarkan data dari TMC tidak semua kendaraan terlibat. Model yang terlibat dalam service Campaign ini hanya Toyota Alphard dan hanya VIN tertentu yang terlibat.

Berdasarkan informasi yang kami terima dari TMC, spesifikasi dan desain kendaraan yang berbeda untuk setiap negara memerlukan desain ECU dari pabrikan yang berbeda juga. Dan model tersebut di ataslah yang terlibat.

Sampai saat ini belum ada kejadian yang diakibatkan oleh malfungsi pada EPB.

Kami akan melakukan pemeriksaan pada software EPB, jika ditemukan belum update maka kami akan lakukan update software pada ECU nya.

Untuk pemeriksaan dan update software membutuhkan waktu 30-60 menit.

Jumlah kendaraan yang terlibat di Indonesia sebanyak 10.922 unit.

Bapak/Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat

Kondisi malfungsi EPB dapat dideteksi melalui lampu Indikator dengan informasi sebagai berikut : • Jika lampu Indikator rem parkir masih dalam kondisi OFF (mati) saat tombol rem parkir tidak dioperasikan maka kendaraan Bapak/Ibu dalam kondisi NORMAL. • Jika lampu Indikator rem parkir dalam kondisi ON (menyala) saat tombol rem parkir tidak dioperasikan, segera melakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel resmi Toyota terdekat.

Semua dealer resmi kami telah siap dalam melayani pelanggan terutama yang terkait dengan SSC ini

Bisa, jika kendaraan Bapak/Ibu terlibat dalam aktivitas ini maka pemeriksaan dapat dilakukan.

Betul, TMC memutuskan untuk melakukan pemanggilan kembali/Recall pada airbag samping di beberapa kendaraan Toyota New Rush. Kampanye ini merupakan bentuk tanggung jawab Toyota untuk memastikan keamanan pelanggan dalam berkendara

Adanya potensi mengembangnya Airbag samping secara tidak disengaja saat roda belakang kendaraan melewati lubang dikarenakan pemograman komputer Airbag yang tidak sesuai

Secara global, unit yang terlibat sekitar 96.300 unit. saat ini kami sedang melakukan pengecekan unit mana saja yang terlibat di Indonesia

Tidak ada tanda peringatan. Namun sebelum dilakukan penggantian komputer airbag kami sarankan untuk menghindari jalan berlubang atau melewati jalan berlubang dengan kecepatan rendah untuk meminimalkan hal yang tidak diinginkan

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke bengkel resmi Toyota agar pihak bengkel dapat menyiapkan part,teknisi, dll pada waktu yang dijanjikan

Komponen yang akan diganti adalah Komputer Airbag

Penggantian Komputer Airbag dapat dilakukan hanya 30 menit/ 0,5 Jam

Penggantian Komputer Airbag tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part

bapak / Ibu dapat menghubungi layanan hotline Toyota di nomor 1500315 untuk dapat melakukan konfirmasi keterlibatan unit. atau Bapak/Ibu dapat melakukan pengecekan langsung di wesite Toyota kami di www.toyota.astra.co.id/ssc

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan pemeriksaan dan atau penggantian Seat Lock Reclining Spring pada model Toyota Voxy tahun produksi 2017-2018 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Adanya potensi terlepasnya Seat Lock Reclining Spring dari dudukannya seiring dengan pemakaian dikarenakan bentuk penahan pegas yang kurang sesuai, sehingga dapat meningkatkan resiko keamanan.

Tidak ada, akan tetapi jika Seat Lock Reclining Spring lepas dari dudukannya maka kursi pengemudi/penumpang tidak dapat disandarkan (akan berbaring dengan sendirinya meskipun tuas sandaran kursi tidak dioperasikan).

Komponen yang diperiksa/diganti adalah Seat Lock Reclining Spring.

Untuk pemeriksaan/penggantian Seat Lock Reclining Spring dibutuhkan waktu 1.5 jam.

Pemeriksaan/penggantian Seat Lock Reclining Spring tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak atau Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak atau Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part, teknisi dll pada waktu yang dijanjikan.

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak/Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking.

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan pemeriksaan dan atau penggantian Seat Belt pada model Toyota Alphard tahun produksi Agustus-September 2019 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Adanya malfungsi pada seat belt dikarenakan mekanisme penguncian yang kurang sempurna. Hal ini dapat menyebabkan penumpang tidak dapat ditahan dengan benar dalam kecelakaan tertentu, sehingga dapat meningkatkan resiko cidera.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 305 unit. dan hanya VIN tertentu saja yang terlibat

Tidak ada peringatan sampai hal ini terjadi

Komponen yang diperiksa/diganti adalah Seat Belt.

Untuk pemeriksaan/penggantian Seat Belt dibutuhkan waktu 0,5 – 4 jam

Pemeriksaan/penggantian Seat Belt tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak atau Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1500315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak atau Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part, teknisi dll pada waktu yang dijanjikan

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak/Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan penggantian fuel pump pada beberapa model Toyota tahun produksi 2013-2019 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Adanya potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar bisa berubah bentuk seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi, sehingga mesin menjadi kasar/tidak bisa berputar (mati) dalam kecepatan rendah. Dan pada situasi yang jarang terjadi mesin dapat mati saat berkendara pada kecepatan tinggi hal ini dapat berpotensi meningkatkan resiko kecelakaan.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 286.090 unit.

Model-model yang terlibat adalah sbb.: 1. Alphard 6. C-HR 2. Innova 7. Camry 3. Fortuner 8. Avanza 4. Corolla 9. Rush 5. Voxy 10. Fj Cruiser note: tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya VIN tertentu saja

Saat hal ini terjadi ada kemungkinan lampu engine akan menyala, putaran mesin menjadi kasar, mesin tidak dapat menyala dan / atau kendaraan mogok saat dikemudikan. Sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Bapak/Ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke Bengkel resmi terdekat.

Komponen yang diganti adalah fuel pump

Untuk penggantian fuel pump dibutuhkan waktu 2 jam s/d 4 jam tergantung model kendaraannya.

Penggantian fuel pump ini GRATIS / tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak/Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no. 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part, teknisi dll pada waktu yang dijanjikan

Keseluruhan part pengganti telah siap Untuk itu demi kenyamanan Bapak/Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1500315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Proses penggantian membutuhkan alat khusus dan dapat dilakukan di dealer yang masih beroperasi. Namun untuk turut serta mengurangi potensi penularan COVID-19, penggantian ini juga dapat dilakukan setelah masa darurat selesai. Pelanggan juga disarankan untuk selalu memperhatikan tanda peringatan di kendaraan, jika ada yang malfungsi segera bawa kendaraannya ke bengkel resmi Toyota

Pelanggan di sarankan untuk selalu cek lampu tanda peringatan di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan penggantian fuel pump di Dealer resmi secepatnya demi kenyamanan Bapak/Ibu dalam berkendara

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan penggantian vacuum hose pada model Toyota Innova & Fortuner periode produksi 16 – 28 Agustus 2019 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi malfungsi pada vacuum hose dikarenakan proses vulkanisasi mesin yang kurang tepat, serta daya tahan selang yang mungkin tidak cukup. Jika kendaraan digunakan terus menerus, selang dapat berubah bentuk, dan dalam kasus terburuk, dukungan kepada sistem pengereman dapat hilang sehingga diperlukan upaya peningkatan penginjakan pedal rem untuk menghentikan kendaraan dan peningkatan toleransi jarak sebelum kendaraan dapat berhenti

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 1.633 unit. dan hanya VIN tertentu saja yang terdampak dalam Recall ini

Vacuum hose berfungsi untuk menghubungkan pompa vakum ke Brake booster dan mensuplai kevakuman untuk membantu pengereman.

Ya, sebagian besar saat hal ini terjadi lampu tanda peringatan (brake Caution) di instrument panel akan menyala

Komponen yang diganti adalah Vacuum Hose.

Untuk penggantian Vacuum Hose dibutuhkan waktu 1 jam s/d 1,5 jam tergantung model kendaraannya.

Penggantian Vacuum Hose ini GRATIS / tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak atau Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no. 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak atau Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part teknisi dll pada waktu yang dijanjikan.

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak atau Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Tidak semua Dealer mempunyai layanan home service , namun kami sarankan Bapak / Ibu dapat berkoordinasi dengan pihak Dealer resmi Toyota dekat tempat Ibu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut Catatan : tidak semua bengkel mempunyai fasilitas TMS.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu cek lampu tanda peringatan di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan penggantian Vacuum Hose jika kendaraan Bapak/Ibu terlibat di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan Bapak/Ibu dalam berkendara.

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan pemeriksaan dan/atau penggantian brake booster pada model Toyota Hilux periode produksi Juni – Desember 2018 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi malfungsi dari Booster Rem seiring dengan waktu pemakaian yang dapat mempengaruhi mekanisme kinerjanya sehingga dalam kasus terburuk, hal ini dapat menyebabkan hilangnya dukungan kepada sistem pengereman sehingga diperlukan upaya lebih dalam penginjakan pedal rem untuk menghentikan kendaraan serta meningkatnya toleransi jarak sebelum kendaraan dapat berhenti

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 3.540 unit.

Brake Booster berfungsi untuk meningkatkan gaya pengereman seiring dengan gaya tekan pedal rem.

Ya, saat hal ini terjadi akan timbul suara kebocoran udara di sekitar pedal rem.

Komponen yang diganti adalah Brake Booster (Jika hasil pemeriksaan NG).

Untuk pemeriksaan Brake Booster dibutuhkan waktu 0,5 jam dan jika dari hasil pemeriksaan diperlukan adanya penggantian Brake Booster waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam.

Penggantian Brake Booster ini GRATIS / tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak/Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part, teknisi dll pada waktu yang dijanjikan.

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak/Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking.

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Tidak semua Dealer mempunyai layanan home service , namun kami sarankan Bapak / Ibu dapat berkoordinasi dengan pihak Dealer resmi Toyota dekat tempat Ibu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut Catatan : tidak semua bengkel mempunyai fasilitas TMS.

Jika hasil pemeriksaan NG, maka kami sarankan penggantian tetap dilakukan di Dealer setelah masa darurat COVID-19 ini selesai. Dengan melakukan booking service penggantian terlebih dahulu, agar Dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi dan part yang akan diganti.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu cek lampu tanda peringatan di kendaraan ataupun adanya suara kebocoran udara di sekitar pedal rem, bagaimanapun mohon segera lakukan penggantian brake booster jika kendaraan Bapak/Ibu terlibat di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan Bapak/Ibu dalam berkendara.

Kontak Kami

PT. Toyota Astra Motor Jl. Laksda Yos Sudarso, Sunter II Jakarta 14330

Layanan 24 Jam

1-500-315
customer-care@toyota.astra.co.id

Sebelum memulai, Anda harus mempersiapkan Nomor Rangka kendaraan Anda.

Nomor Rangka kendaraan Anda dapat ditemukan pada STNK atau BPKB kendaraan Anda

Kontak Kami

PT. Toyota Astra Motor Jl. Laksda Yos Sudarso, Sunter II Jakarta 14330

Layanan 24 Jam

1-500-315
customer-care@toyota.astra.co.id

Sebelum memulai, Anda harus mempersiapkan Nomor Rangka kendaraan Anda.

Nomor Rangka kendaraan Anda dapat ditemukan pada STNK atau BPKB kendaraan Anda