Frequently Ask Question

Berdasarkan Informasi dari TMC telah ditemukan adanya ketidaksesuaian pada AirBAg Inflator bagian penumpang depan kiri yang mengakibatkan komponen airbag tidak bekerja dengan sempurna seperti yang diharapkan sehingga beresiko menyebabkan cidera.

Sebagai bentuk komitmen Toyota dalam mengutamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara,Toyota mengadakan program Safety campaign 3P dan mengundang pelanggan yang memiliki unit yang terlibat untuk melakukan pemeriksaan/penggantian komponen airbag inflator yang terdapat di bagian penumpang depan kiri Toyota Alphard/Nav1/Camry/Corolla/Yaris dan Vios

Tidak semua kendaraan TOYOTA Alphard/Nav1/Corolla/Yaris/Vios ikut terlibat dalam Campaign ini. Malafungsi Inflator pada AirBag penumpang depan kiri hanya terjadi pada: Untuk Yaris tahun 2006 – 2013 Untuk Vios tahun 2006 – 2013 Untuk Corolla tahun 2001 – 2013 Untuk Camry tahun 2002 – 2004 Untuk NAV 1 tahun 2012 - 2016 Untuk Alphard tahun 2010 - 2014 Catatan: tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya VIN tertentu saja.

Kendaraan yang terlibat hampir 100ribu unit di Indonesia. dan hanya VIN tertentu saja yang terdampak pada campaign ini

Kendaraan TOYOTA yang lain memiliki jenis dan spesifikasi airbag inflator yang berbeda dan dirakit di manufaktur atau pabrik yang berbeda

Bapak / Ibu selanjutnya dapat melakukan booking melaui website Toyota.astra.co.id/ssc dan Bapak / Ibu juga dapat menghubungi Customer care Toyota di Nomer: 1500-315 untuk dibantu melakukan booking service di bengkel resmi Toyota terdekat dekat tempat tinggal Bapak / Ibu atau Bapak/Ibu langusng menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat.

Ya, Bapak/Ibu dapat melakukan pengecekan melalui handphone (Android dan iOs) dengan mengakses website Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc

Kami sarankan Bapak /Ibu dapat melakukan Booking terlebih dahulu melalui Website/ Customer Care Toyota untuk mendapatkan pengaturan jadwal yang lebih sesuai.

Customer Care Toyota beroperasi 24 Jam dan untuk Bengkel buka dari pukul 08.00 s/d 16.00 (Senin-Sabtu) Catatan: setiap Bengkel bisa berbeda jam operasionalnya.

Tidak di kenakan biaya untuk penggatian AIRBAG INFLATOR ini ?

Pada dasarnya waktu yang dibutuhkan untuk penggantian ini adalah 3,5 jam dan pemilik kendaraan tidak dikenakan biaya apapun untuk proses penggantian tersebut. Kami harap pelanggan dapat datang sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dikarenakan teknisi dan area kerja telah dipersiapkan dalam waktu tersebut.

Berdasarkan informasi dari TMC, terdapat penambahan unit terlibat dari sebelumnya. Sehingga memungkinkan kendaraan Bapak/Ibu terlibat dalam periode tambahan unit terlibat tersebut.

Kami belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut, namun kami akan menginformasikan kepada pelanggan jika kondisi tersebut terjadi.

Memang benar. TMC mengumumkan Program Special Service Campaign (SSC) terkait dengan penggantian sensor Airbag pada beberapa model Toyota tahun produksi May 2015-Jan 2016 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Terjadi potensi malfungsi pada sensor Airbag.

Jika terjadi malfungsi pada sensor Airbag, maka indicator Airbag akan menyala (ON) dan sensor Airbag berpotensi tidak bekerja sebagaimana semestinya.

Berdasarkan data dari TMC tidak semua kendaraan terlibat. Model yang terlibat dalam service Campaign Toyota ini adalah : 1. Alphard/Vellfire 2. Corolla 3. Innova 4. Hilux 5. Fortuner dan hanya VIN tertentu yang terlibat

Berdasarkan informasi yang kami terima dari TMC, spesifikasi dan desain kendaraan yang berbeda untuk setiap negara memerlukan desain sensor airbag dari pabrikan yang berbeda juga. Dan hanya kendaraan-kendaraan tersebut di ataslah yang terlibat.

Sampai saat ini belum ada kejadian yang diakibatkan oleh malfungsi pada sensor Airbag.

Kami akan melakukan pemeriksaan pada Airbag sensor, jika ditemukan malfungsi maka kami akan lakukan penggantian Airbag sensor.

Jika hasil pemeriksaan sensor airbag Bapak/Ibu OK, maka kami bisa pastikan kendaraan Bapak/ibu aman untuk digunakan

Untuk pemeriksaan waktu yang dibutuhkan adalah 0,5 jam. Sedangkan untuk penggantian berkisar 1-7 jam tergantung model kendaraan.

Bapak / Ibu tidak perlu khawatir penggantian komponen dalam kampanye ini tidak dikenakan biaya (gratis).

Jumlah kendaraan yang terlibat di Indonesia sebanyak 24.662 unit.

Bapak/Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kondisi Airbag dapat dideteksi melalui lampu Indikator dengan informasi sebagai berikut : • Jika lampu Indikator Airbag masih dalam kondisi OFF (mati) selama berkendara maka kendaraan Bapak/Ibu dalam kondisi NORMAL. • Jika lampu Indikator Airbag dalam kondisi ON (menyala) selama berkendara, segera melakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel resmi Toyota terdekat. Penjelasan tehnis : Airbag merupakan pengaman tambahan pada kendaraan, kami sangat menyarankan Bapak / Ibu selalu menggunakan pengaman utama yaitu seat belt agar Bapak/Ibu selalu aman dan nyaman dalam berkendara.

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak dan Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer terdekat untuk pengaturan jadwal booking.

Semua dealer resmi kami telah siap dalam melayani pelanggan terutama yang terkait dengan SSC ini.

Memang benar. TMC mengumumkan Program Special Service Campaign (SSC) terkait dengan ECU Parking Brake pada Toyota Alphard tahun produksi Dec 2014-Feb 2018 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Terjadi potensi malfungsi pada ECU Parking Brake.

Jika terjadi malfungsi pada ECU Parking Brake, maka indicator akan menyala (ON) meskipun tombol rem parkir tidak dioperasikan dan rem parkir berpotensi tidak bekerja sebagaimana semestinya

Berdasarkan data dari TMC tidak semua kendaraan terlibat. Model yang terlibat dalam service Campaign ini hanya Toyota Alphard dan hanya VIN tertentu yang terlibat.

Berdasarkan informasi yang kami terima dari TMC, spesifikasi dan desain kendaraan yang berbeda untuk setiap negara memerlukan desain ECU dari pabrikan yang berbeda juga. Dan model tersebut di ataslah yang terlibat.

Sampai saat ini belum ada kejadian yang diakibatkan oleh malfungsi pada EPB.

Kami akan melakukan pemeriksaan pada software EPB, jika ditemukan belum update maka kami akan lakukan update software pada ECU nya.

Untuk pemeriksaan dan update software membutuhkan waktu 30-60 menit.

Jumlah kendaraan yang terlibat di Indonesia sebanyak 10.922 unit.

Bapak/Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat

Kondisi malfungsi EPB dapat dideteksi melalui lampu Indikator dengan informasi sebagai berikut : • Jika lampu Indikator rem parkir masih dalam kondisi OFF (mati) saat tombol rem parkir tidak dioperasikan maka kendaraan Bapak/Ibu dalam kondisi NORMAL. • Jika lampu Indikator rem parkir dalam kondisi ON (menyala) saat tombol rem parkir tidak dioperasikan, segera melakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel resmi Toyota terdekat.

Semua dealer resmi kami telah siap dalam melayani pelanggan terutama yang terkait dengan SSC ini

Bisa, jika kendaraan Bapak/Ibu terlibat dalam aktivitas ini maka pemeriksaan dapat dilakukan.

Betul, TMC memutuskan untuk melakukan pemanggilan kembali/Recall pada airbag samping di beberapa kendaraan Toyota New Rush. Kampanye ini merupakan bentuk tanggung jawab Toyota untuk memastikan keamanan pelanggan dalam berkendara

Adanya potensi mengembangnya Airbag samping secara tidak disengaja saat roda belakang kendaraan melewati lubang dikarenakan pemograman komputer Airbag yang tidak sesuai

Kendaraan yang terlibat di Indonesia sebanyak 60.301 unit

Tidak ada tanda peringatan. Namun sebelum dilakukan penggantian komputer airbag kami sarankan untuk menghindari jalan berlubang atau melewati jalan berlubang dengan kecepatan rendah untuk meminimalkan hal yang tidak diinginkan

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke bengkel resmi Toyota agar pihak bengkel dapat menyiapkan part,teknisi, dll pada waktu yang dijanjikan

Komponen yang akan diganti adalah Komputer Airbag

Penggantian Komputer Airbag dapat dilakukan hanya 30 menit/ 0,5 Jam

Penggantian Komputer Airbag tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part

Bapak / Ibu dapat menghubungi layanan hotline Toyota di nomor 1500315 untuk dapat melakukan konfirmasi keterlibatan unit. atau Bapak/Ibu dapat melakukan pengecekan langsung di wesite Toyota kami di www.toyota.astra.co.id/ssc

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan pemeriksaan dan atau penggantian Seat Lock Reclining Spring pada model Toyota Voxy tahun produksi 2017-2018 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Adanya potensi terlepasnya Seat Lock Reclining Spring dari dudukannya seiring dengan pemakaian dikarenakan bentuk penahan pegas yang kurang sesuai, sehingga dapat meningkatkan resiko keamanan.

Tidak ada, akan tetapi jika Seat Lock Reclining Spring lepas dari dudukannya maka kursi pengemudi/penumpang tidak dapat disandarkan (akan berbaring dengan sendirinya meskipun tuas sandaran kursi tidak dioperasikan).

Komponen yang diperiksa/diganti adalah Seat Lock Reclining Spring.

Untuk pemeriksaan/penggantian Seat Lock Reclining Spring dibutuhkan waktu 1.5 jam.

Pemeriksaan/penggantian Seat Lock Reclining Spring tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak atau Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak atau Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part, teknisi dll pada waktu yang dijanjikan.

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak/Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking.

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan pemeriksaan dan atau penggantian Seat Belt pada model Toyota Alphard tahun produksi Agustus-September 2019 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Adanya malfungsi pada seat belt dikarenakan mekanisme penguncian yang kurang sempurna. Hal ini dapat menyebabkan penumpang tidak dapat ditahan dengan benar dalam kecelakaan tertentu, sehingga dapat meningkatkan resiko cidera.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 305 unit. dan hanya VIN tertentu saja yang terlibat

Tidak ada peringatan sampai hal ini terjadi

Komponen yang diperiksa/diganti adalah Seat Belt.

Untuk pemeriksaan/penggantian Seat Belt dibutuhkan waktu 0,5 – 4 jam

Pemeriksaan/penggantian Seat Belt tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak atau Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1500315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak atau Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part, teknisi dll pada waktu yang dijanjikan

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak/Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan penggantian fuel pump pada beberapa model Toyota tahun produksi 2013-2019 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Adanya potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar bisa berubah bentuk seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi, sehingga mesin menjadi kasar/tidak bisa berputar (mati) dalam kecepatan rendah. Dan pada situasi yang jarang terjadi mesin dapat mati saat berkendara pada kecepatan tinggi hal ini dapat berpotensi meningkatkan resiko kecelakaan.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 286.090 unit.

Model-model yang terlibat adalah sbb.: 1. Alphard 2. C-HR 3. Innova 4. Camry 5. Fortuner 6. Avanza 7. Hilux 8. Rush 9. Corolla 10. FJ Cruiser 11. Voxy note: tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya VIN tertentu saja

Saat hal ini terjadi ada kemungkinan lampu Indikator Malfungsi akan menyala, putaran mesin menjadi kasar, mesin tidak dapat menyala dan / atau kendaraan mogok saat dikemudikan. Sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Bapak/Ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke Bengkel resmi terdekat.

Komponen yang diganti adalah fuel pump

Untuk penggantian fuel pump dibutuhkan waktu 2 jam s/d 4 jam tergantung model kendaraannya.

Penggantian fuel pump ini GRATIS / tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak/Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no. 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part, teknisi dll pada waktu yang dijanjikan

Keseluruhan part pengganti telah siap Untuk itu demi kenyamanan Bapak/Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1500315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Proses penggantian membutuhkan alat khusus dan dapat dilakukan di dealer yang masih beroperasi. Namun untuk turut serta mengurangi potensi penularan COVID-19, penggantian ini juga dapat dilakukan setelah masa darurat selesai. Pelanggan juga disarankan untuk selalu memperhatikan tanda peringatan di kendaraan, jika ada yang malfungsi segera bawa kendaraannya ke bengkel resmi Toyota

Pelanggan di sarankan untuk selalu cek lampu tanda peringatan di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan penggantian fuel pump di Dealer resmi secepatnya demi kenyamanan Bapak/Ibu dalam berkendara

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan penggantian vacuum hose pada model Toyota Innova & Fortuner periode produksi 16 – 28 Agustus 2019 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi malfungsi pada vacuum hose dikarenakan proses vulkanisasi mesin yang kurang tepat, serta daya tahan selang yang mungkin tidak cukup. Jika kendaraan digunakan terus menerus, selang dapat berubah bentuk, dan dalam kasus terburuk, dukungan kepada sistem pengereman dapat hilang sehingga diperlukan upaya peningkatan penginjakan pedal rem untuk menghentikan kendaraan dan peningkatan toleransi jarak sebelum kendaraan dapat berhenti

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 1.633 unit. dan hanya VIN tertentu saja yang terdampak dalam Recall ini

Vacuum hose berfungsi untuk menghubungkan pompa vakum ke Brake booster dan mensuplai kevakuman untuk membantu pengereman.

Ya, sebagian besar saat hal ini terjadi lampu tanda peringatan (brake Caution) di instrument panel akan menyala

Komponen yang diganti adalah Vacuum Hose.

Untuk penggantian Vacuum Hose dibutuhkan waktu 1 jam s/d 1,5 jam tergantung model kendaraannya.

Penggantian Vacuum Hose ini GRATIS / tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak atau Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no. 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak atau Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part teknisi dll pada waktu yang dijanjikan.

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak atau Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Tidak semua Dealer mempunyai layanan home service , namun kami sarankan Bapak / Ibu dapat berkoordinasi dengan pihak Dealer resmi Toyota dekat tempat Ibu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut Catatan : tidak semua bengkel mempunyai fasilitas TMS.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu cek lampu tanda peringatan di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan penggantian Vacuum Hose jika kendaraan Bapak/Ibu terlibat di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan Bapak/Ibu dalam berkendara.

Memang benar. TMC mengumumkan SSC/Recall Campaign terkait dengan pemeriksaan dan/atau penggantian ECU Airbag pada beberapa model Toyota tahun produksi Desember 2022- Januari 2023 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi short circuit (korsleting) pada kondensor didalam ECU Airbag, sehingga dapat menyebabkan tidak beroperasinya Airbag dan seatbelt pretensioner dalam kondisi terjadinya tabrakan.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 3538 unit.

Model yang terlibat adalah : 1. Toyota Avanza 2. Toyota Veloz 3. Toyota Raize

Ada kemungkinan lampu peringatan airbag akan menyala pada Multi Information Display (MID). Sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Bapak/Ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke Dealer resmi terdekat.

Komponen yang dilakukan pemeriksaan/penggantian adalah ECU Airbag.

Untuk pemeriksaan/penggantian ECU Airbag dibutuhkan waktu sekitar 1 jam tergantung dari hasil pemeriksaannya.

Pemeriksaan/penggantian ECU Airbag ini GRATIS / tidak dikenakan biaya.

Bapak/Ibu dapat dapat mengunjungi website kami di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi Toyota Customer Care di 1-500-315 (24 jam) serta menghubungi Dealer resmi terdekat.

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan Part, tools, teknisi dll pada waktu yang ditentukan.

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu memeriksa lampu tanda peringatan (MID) di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan pemeriksaan/penggantian ECU Airbag di Dealer resmi terdekat.

Memang benar. TMC mengumumkan Recall terkait dengan pemeriksaan dan/atau penggantian brake booster pada model Toyota Hilux periode produksi Juni – Desember 2018 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi malfungsi dari Booster Rem seiring dengan waktu pemakaian yang dapat mempengaruhi mekanisme kinerjanya sehingga dalam kasus terburuk, hal ini dapat menyebabkan hilangnya dukungan kepada sistem pengereman sehingga diperlukan upaya lebih dalam penginjakan pedal rem untuk menghentikan kendaraan serta meningkatnya toleransi jarak sebelum kendaraan dapat berhenti

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 3.540 unit.

Brake Booster berfungsi untuk meningkatkan gaya pengereman seiring dengan gaya tekan pedal rem.

Ya, saat hal ini terjadi akan timbul suara kebocoran udara di sekitar pedal rem.

Komponen yang diganti adalah Brake Booster (Jika hasil pemeriksaan NG).

Untuk pemeriksaan Brake Booster dibutuhkan waktu 0,5 jam dan jika dari hasil pemeriksaan diperlukan adanya penggantian Brake Booster waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam.

Penggantian Brake Booster ini GRATIS / tidak dikenakan biaya baik jasa maupun part penggantinya.

Bapak/Ibu dapat mengakses website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi customer care Toyota di no: 1-500-315 dan dapat juga menghubungi Dealer resmi Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan part, teknisi dll pada waktu yang dijanjikan.

Keseluruhan part pengganti telah siap. Untuk itu demi kenyamanan Bapak/Ibu, kami sarankan untuk menghubungi dealer resmi Toyota untuk pengaturan jadwal booking.

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Tidak semua Dealer mempunyai layanan home service , namun kami sarankan Bapak / Ibu dapat berkoordinasi dengan pihak Dealer resmi Toyota dekat tempat Ibu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut Catatan : tidak semua bengkel mempunyai fasilitas TMS.

Jika hasil pemeriksaan NG, maka kami sarankan penggantian tetap dilakukan di Dealer setelah masa darurat COVID-19 ini selesai. Dengan melakukan booking service penggantian terlebih dahulu, agar Dealer dapat mempersiapkan stall, teknisi dan part yang akan diganti.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu cek lampu tanda peringatan di kendaraan ataupun adanya suara kebocoran udara di sekitar pedal rem, bagaimanapun mohon segera lakukan penggantian brake booster jika kendaraan Bapak/Ibu terlibat di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan Bapak/Ibu dalam berkendara.

Memang benar. TMC mengumumkan adanya Penarikan Kembali Kendaraan (Recall) terkait dengan Pemeriksaan dan / atau perbaikan pada model Toyota Raize periode November 2020 s/d Oktober 2021 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Setelah kami melakukan serangkaian investigasi, kami menemukan adanya proses pengelasan pada sambungan fender apron bagian depan yang kurang sempurna, sehingga ada kemungkinan bagian sambungan menjadi tidak kuat. Sehingga ketika melewati jalan yang berlubang dengan kecepatan tinggi, bagian yang dilas dapat terlepas atau dalam suatu kondisi fatal dapat membuat kontrol kendaraan menjadi sulit dikendalikan

Kendaraan yang terlibat di Indonesia adalah 14.777 unit.

Mohon maaf kami tidak memiliki informasi atas hal tersebut.

Ya, dimungkinkan untuk muncul suara abnormal pada area tersebut saat kendaraan berjalan, kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan Pemeriksaan ke bengkel resmi Toyota terdekat dari tempat Bapak/Ibu tinggal.

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan Bapak/Ibu saat ini. Kami sarankan Bapak/Ibu segera melakukan booking Pemeriksaan atau kami bantu koordinasi ke bengkel BP Resmi Toyota terdekat dengan tempat tinggal Bapak/Ibu, agar proses Pemeriksaan dan/atau Perbaikan dapat segera dilakukan terhadap kendaraan Bapak/Ibu

Bapak/Ibu dapat melakukan Pemeriksaan melalui Website kami di www.Toyota.astra.co.id/ssc atau Bapak/Ibu dapat menghubungi Hotline Toyota di 1-500-315 atau melaui Whatsaap Toyota di 0811-1500315 agar segera dilakukan Pemeriksaan dan/atau Perbaikan lebih lanjut dibengkel resmi Toyota. Bapak/Ibu juga dapat menghubungi pihak dealer resmi Toyota terdekat dengan tempat tinggal Bapak/Ibu untuk melakukan booking Pemeriksaan dan perbaikan. Catatan: 1. Disarankan kepada pelanggan untuk dapat melakukan Pemeriksaan dan/atau Perbaikan di bengkel resmi BP (Body&Paint) Toyota terdekat. 2. Proses penerimaan booking repair dapat dibantu oleh Bengkel GR untuk diteruskan perbaikannya di Bengkel BP Toyota terdekat

Untuk Pemeriksaan dan perbaikan membutuhkan waktu sekitar 7,6 jam ( untuk perbaikan sisi kanan & kiri kendaraan), dengan melihat kondisi kerusakan pada kendaraan dan waktu booking perbaikan di cabang, hal ini tentunya dapat mempengaruhi waktu perbaikan yang diperlukan pada kendaraan

Terhadap kendaraan yang diduga terlibat serta masuk dalam daftar kendaraan yang kami miliki, maka Bapak /Ibu tidak perlu khawatir dikarenakan perbaikan bersifat GRATIS, karena biaya tersebut sudah di tanggung oleh pihak Toyota.

Karena unit yang diproduksi mulai dari 8 Oktober 2021 sudah dilakukan improvement

Tidak, program ini hanya melibatkan Toyota Raize.

Akan terjadi potensi bunyi abnormal, pada kendaraan setelah melewati jalan rusak/polisi tidur dengan kecepatan tinggi sehingga dudukan shock absorber bergeser atau dalam suatu kondisi fatal dapat membuat kontrol kendaraan menjadi sulit dikendalikan

Kami secara aktif akan menghubungi pelanggan melalui surat, telepon dan whatsapp untuk datang ke bengkel resmi Toyota terdekat, untuk dijadwalkan melakukan Pemeriksaan unit Raize secara gratis.

Bengkel Toyota siap menerima pelanggan untuk melakukan Pemeriksaan dan / atau perbaikan fender apron depan setelah dilakukan booking.

Terdapat 73 Bengkel Body Repair di seluruh Indonesia yang siap menerima pelanggan untuk melakukan Pemeriksaan dan / atau perbaikan fender apron depan.

Ya, dengan adanya Pemeriksaan dan/atau Perbaikan ini kami menjamin kendaraan Bapak/Ibu dalam kondisi optimal.

Pelanggan cukup membawa unit yang terlibat program Recall Campaign (Toyota Raize) dan STNK saat ke bengkel.

kami sangat menghimbau kepada Bapak/Ibu untuk memeriksakan kendaraannya ke Bengkel resmi Toyota terdekat, untuk memastikan kualitas Toyota Raize Bapak/Ibu sehingga aman dan nyaman dikendarai.

Dari hasil evaluasi yang telah di lakukan, terdapat potensi ketika melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi bagian yang dilas dapat terlepas atau dalam suatu kondisi fatal dapat membuat kontrol kendaraan menjadi sulit dikendalikan

Untuk memastikan kualitas kendaraan Bapak/Ibu dalam keadaan optimal, kami sarankan untuk dapat segera datang ke bengkel resmi terdekat

Terkait hal tersebut Bapak/Ibu tidak perlu khawatir, program Toyota ini merupakan program resmi Toyota yaitu campaign Toyota yang berkelanjutan untuk kendaraan Bapak/Ibu. Sebagai bukti perhatian Toyota kepada pengguna Toyota khususnya. Sebagai bukti terkait hal tersebut, aktivitas ini tentunya tercatat dalam histori service yang dilakukan di bengkel resmi Toyota. Bapak/Ibu dapat berkoordinasi dengan pihak bengkel resmi Toyota terkait hal tersebut. (Pemeriksaan Histori service kendaraan).

Kami sarankan Bapak/Ibu untuk dapat menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan kondisi jalan yang di lalui terutama pada kondisi jalan yang kurang bagus (berlubang).

Bapak/Ibu tidak perlu khawatir, Kami akan melakukan perbaikan sesuai dengan Standar Quality Toyota.

Jaminan kualitas perbaikan fender apron mengacu pada warranty kendaraan

Kami memastikan bahwa bengkel sudah mengikuti standar operasional yang dibuat oleh manufacture.

Kami memastikan bahwa bengkel sudah mengikuti standar operasional yang dibuat oleh manufacture.

Kualitas perbaikan fender apron ini sama dengan pekerjaan yang dilakukan di pabrik.

Memang benar. TMC mengumumkan SSC/Recall Campaign terkait dengan pemeriksaan dan/atau pemograman ulang ECU meter kombinasi pada kendaraan Toyota bZ4X tahun produksi Maret 2022- Juni 2023 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi malfungsi pada ECU meter kombinasi sehingga menyebabkan meter kombinasi menjadi blank dalam kondisi tertentu, hal ini berpotensi menjadikan beberapa fungsi di non-aktifkan sehingga meningkatkan resiko kecelakaan.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 595 unit

Model yang terlibat adalah Toyota bZ4X

Tidak ada, untuk itu sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Bapak/Ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke Dealer resmi terdekat

Komponen yang dilakukan pemeriksaan dan/atau pemograman ulang adalah ECU meter kombinasi

Untuk pemeriksaan dan/atau pemograman ulang adalah ECU meter kombinasi dibutuhkan waktu sekitar 1 jam tergantung dari hasil pemeriksaannya.

Pemeriksaan dan/atau pemograman ulang ECU meter kombinasi ini GRATIS / tidak dikenakan biaya.

Bapak/Ibu dapat dapat mengunjungi website kami di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi Toyota Customer Care di 1-500-315 (24 jam) serta menghubungi Dealer resmi terdekat.

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan Tools, teknisi dll pada waktu yang ditentukan.

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu memeriksa lampu tanda peringatan (MID) di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan pemeriksaan dan/atau pemograman ulang ECU meter kombinasi di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan dan keselamatan Bapak/Ibu dalam berkendara.

Memang benar. TMC mengumumkan SSC/Recall Campaign terkait dengan pemeriksaan dan/atau penggantian Fr. Garnish Pillar pada kendaraan Toyota Sienta tahun produksi Juni 2016 – April 2020 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi kebocoran air pada pilar depan karena kinerja sealer pada garnish pillar depan yang kurang baik. Hal ini berpotensi menyebabkan korsleting listrik yang dapat mengganggu kinerja sistem kelistrikan tertentu seperti kunci pintu, sistem navigasi dll.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 39,238 unit

Model yang terlibat adalah Toyota Sienta

Tidak ada, untuk itu sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Bapak/Ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke Dealer resmi terdekat

Perbaikan yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan dan/atau penggantian Fr. Garnish Pillar Clip serta pemograman ulang ECU PSD (Power Sliding Door) jika dikendaraan Bapak/Ibu dilengkapi Power sliding door (Pintu Geser Elektrik)

Untuk pemeriksaan dan/atau pemograman ulang adalah ECU meter kombinasi dibutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam tergantung dari hasil pemeriksaannya

Pemeriksaan dan/atau penggantian Fr. Garnish Pillar Clip serta pemograman ulang ECU PSD (Power Sliding Door) ini GRATIS / tidak dikenakan biaya.

Bapak/Ibu dapat dapat mengunjungi website kami di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi Toyota Customer Care di 1-500-315 (24 jam) serta menghubungi Dealer resmi terdekat.

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan Part, Tools, teknisi dll pada waktu yang ditentukan.

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu memeriksa lampu tanda peringatan (MID) di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan pemeriksaan dan/atau penggantian Fr. Garnish Pillar Clip serta pemograman ulang ECU PSD (Power Sliding Door) di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan dan keselamatan Bapak/Ibu dalam berkendara.

Memang benar. TMC mengumumkan SSC/Recall Campaign terkait dengan dilakukan pemeriksaan dan/atau penambahan penguat (reinforcement) & titik las di area door beam depan kanan pada kendaraan Toyota Veloz & Avanza tahun produksi November 2022 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

adanya potensi kurang sempurnanya proses pengelasan di area door beam depan kanan. Hal ini berpotensi menyebabkan lepasnya bagian yang dilas, sehingga menyebabkan door beam tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 4,378 unit

Model yang terlibat adalah Toyota Veloz dan Toyota Avanza

Tidak ada, untuk itu sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Bapak/Ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke Dealer resmi terdekat

Perbaikan yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan dan/atau penambahan penguat (reinforcement) & titik las di area door beam depan kanan

Untuk pemeriksaan dan/atau penambahan penguat (reinforcement) & titik las di area door beam depan kanan dibutuhkan waktu sekitar 3 - 4 jam tergantung dari hasil pemeriksaannya

Pemeriksaan dan/atau penambahan penguat (reinforcement) & titik las di area door beam depan kanan ini GRATIS / tidak dikenakan biaya

Bapak/Ibu dapat melakukan pemeriksaan melalui Website kami di www.Toyota.astra.co.id/ssc atau Bapak/Ibu dapat menghubungi Hotline Toyota di 1-500-315 atau melaui Whatsaap Toyota di 0811-1500315 agar segera dilakukan pemeriksaan dan/atau Perbaikan lebih lanjut dibengkel resmi Toyota. Bapak/Ibu juga dapat menghubungi pihak dealer resmi Toyota terdekat dengan tempat tinggal Bapak/Ibu untuk melakukan booking Pemeriksaan dan perbaikan. Catatan: 1. Disarankan kepada pelanggan untuk dapat melakukan pemeriksaan dan/atau Perbaikan di bengkel resmi BP (Body&Paint) Toyota terdekat. 2. Proses penerimaan booking repair dapat dibantu oleh Bengkel GR untuk diteruskan perbaikannya di Bengkel BP Toyota terdekat.

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan Part, Tools, teknisi dll pada waktu yang ditentukan.

Tidak, hal ini tidak ada hubungannya dengan permasalahan yang ada di Daihatsu Jepang

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu berkendara dengan aman, bagaimanapun mohon segera lakukan pemeriksaan dan/atau penambahan penguat (reinforcement) & titik las di area door beam depan kanan di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan dan keselamatan Bapak/Ibu dalam berkendara

Bapak/Ibu dapat berkoordinasi dengan pihak pembelian tempat Bapak/Ibu membeli kendaraan, tentunya pihak Dealer akan membantu melakukan booking untuk pemeriksaan dan/atau Perbaikan di bengkel resmi BP Toyota dan kendaraan Bapak/Ibu dapat segera dilakukan booking Pemeriksaan dan perbaikan. Catatan: 1. Disarankan kepada pelanggan untuk dapat melakukan pemeriksaan dan/atau Perbaikan di bengkel resmi BP (Body&Paint) Toyota terdekat. 2. Proses penerimaan booking repair dapat dibantu oleh Bengkel GR untuk diteruskan perbaikannya di Bengkel BP Toyota terdekat

Memang benar. TMC mengumumkan SSC/Recall Campaign terkait dengan dilakukan pemeriksaan dan/atau penambahan kekencangan torsi nut shock absorber depan pada kendaraan Toyota Veloz, Avanza, Vios & Yaris Cross tahun produksi Oktober 2021 – September 2023 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi kurang sempurnanya proses pengencangan nut shock absorber depan. Hal ini berpotensi menyebabkan lepasnya nut shock absorber depan, sehingga dapat menyebabkan hilangnya kestabilan kendaraan.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 169,389 unit.

Model yang terlibat adalah Toyota Veloz, Avanza, Vios dan Yaris Cross.

Ya, dimungkinkan untuk muncul suara abnormal pada area tersebut saat kendaraan berjalan, kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi Toyota terdekat dari tempat Bapak/Ibu tinggal.

Perbaikan yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan dan/atau penambahan torsi kekencangan pada nut shock absorber depan dan/atau melakukan penggantian beberapa part terkait* *(jika diperlukan dengan kondisi khusus)

Untuk pemeriksaan dan/atau penambahan torsi kekencangan pada nut shock absorber depan dibutuhkan waktu sekitar 0,5 jam tergantung dari hasil pemeriksaannya

Pemeriksaan dan/atau penambahan torsi kekencangan pada nut shock absorber depan ini GRATIS / tidak dikenakan biaya.

Bapak/Ibu dapat melakukan pemeriksaan melalui Website kami di www.Toyota.astra.co.id/ssc atau Bapak/Ibu dapat menghubungi Hotline Toyota di 1-500-315 atau melaui Whatsaap Toyota di 0811-1500315 agar segera dilakukan pemeriksaan dan/atau Perbaikan lebih lanjut dibengkel resmi Toyota.

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan Part, Tools, teknisi dll pada waktu yang ditentukan

Tidak, hal ini tidak ada hubungannya dengan permasalahan yang ada di Daihatsu Jepang

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu berkendara dengan aman dan memperhatikan bunyi-bunyi abnormal, bagaimanapun mohon segera Pemeriksaan dan/atau penambahan torsi kekencangan pada nut shock absorber depan di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan dan keselamatan Bapak/Ibu dalam berkendara

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya, dikarenakan jumlah kendaraan terlibat yang cukup banyak maka diperlukan pengaturan waktu perbaikan kendaraan Bapak/Ibu. Untuk itu selama menunggu waktu pemanggilan perbaikan, kami mohon Bapak/Ibu untuk berkendara dengan aman dan jika menemukan bunyi-bunyi abnormal diarea depan Bapak/Ibu dapat langsung menginformasikan ke Dealer resmi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan

Memang benar. TMC mengumumkan SSC/Recall Campaign terkait dengan pemeriksaan dan/atau pemograman ulang ECU Transmisi otomatis pada kendaraan Toyota LC300 tahun produksi Juli 2021- Januari 2024 sebagai bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara. Catatan: Tidak semua kendaraan dalam rentang diatas terlibat, hanya No. Rangka tertentu saja

Adanya potensi malfungsi pada ECU transmisi otomatis sehingga menyebabkan kendaraan masih dapat berjalan dengan kecepatan hingga 6km/jam meskipun tuas transmisi dalam posisi netral (Pedal rem tidak ditekan & Rem Parkir off) sehingga meningkatkan resiko kecelakaan.

Kendaraan yang terlibat di Indonesia 2037 unit

Model yang terlibat adalah Toyota LC300

Tidak ada, untuk itu sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Bapak/Ibu untuk segera melakukan pemeriksaan ke Dealer resmi terdekat.

Komponen yang dilakukan pemeriksaan dan/atau pemograman ulang adalah ECU Transmisi Otomatis

Untuk pemeriksaan dan/atau pemograman ulang ECU Transmisi Otomatis dibutuhkan waktu sekitar 0.5 jam tergantung dari hasil pemeriksaannya

Pemeriksaan dan/atau pemograman ulang ECU Transmisi Otomatis ini GRATIS / tidak dikenakan biaya.

Bapak/Ibu dapat dapat mengunjungi website kami di www.toyota.astra.co.id/ssc atau menghubungi Toyota Customer Care di 1-500-315 (24 jam) serta menghubungi Dealer resmi terdekat.

Kami sarankan Bapak/Ibu dapat segera melakukan booking service ke Dealer resmi Toyota agar pihak Dealer dapat menyiapkan Tools, teknisi dll pada waktu yang ditentukan.

Kami sangat berterima kasih jika Bapak/Ibu dapat menginformasikannya kepada kami dengan menghubungi customer care di nomer 1-500-315 untuk menginformasikan data pelanggan pengguna saat ini.

Bapak/Ibu disarankan untuk selalu memeriksa lampu tanda peringatan (MID) di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan pemeriksaan dan/atau pemograman ulang ECU Transmisi Otomatis di Dealer resmi terdekat demi kenyamanan dan keselamatan Bapak/Ibu dalam berkendara.

Kontak Kami

PT. Toyota Astra Motor Jl. Laksda Yos Sudarso, Sunter II Jakarta 14330

Layanan 24 Jam

1-500-315
customer-care@toyota.astra.co.id

Sebelum memulai, Anda harus mempersiapkan Nomor Rangka kendaraan Anda.

Nomor Rangka kendaraan Anda dapat ditemukan pada STNK atau BPKB kendaraan Anda

Kontak Kami

PT. Toyota Astra Motor Jl. Laksda Yos Sudarso, Sunter II Jakarta 14330

Layanan 24 Jam

1-500-315
customer-care@toyota.astra.co.id

Sebelum memulai, Anda harus mempersiapkan Nomor Rangka kendaraan Anda.

Nomor Rangka kendaraan Anda dapat ditemukan pada STNK atau BPKB kendaraan Anda